Wulandari, Hildawati (2024) HUBUNGAN EFIKASI DIRI, DUKUNGAN ORANG TUA, DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 GIRI BANYUWANGI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229031021-COVER.pdf Download (410kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229031021-ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229031021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (122kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2229031021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229031021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (700kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229031021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229031021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229031021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229031021_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Prestasi belajar fisika siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu efikasi diri, dukungan orang tua, dan motivasi berprestasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis (1) hubungan efikasi diri dengan prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 1 Giri Banyuwangi, (2) hubungan dukungan orang tua dengan prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 1 Giri Banyuwangi, (3) hubungan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 1 Giri Banyuwangi, dan 4) hubungan efikasi diri, dukungan orang tua, dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika SMA Negeri 1 Giri Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan desain penelitian ex-post-facto. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 108 siswa, dan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu 108 siswa. Pengumpulan data efikasi diri, dukungan orang tua, dan motivasi berprestasi menggunakan kuesioner, sedangkan pengambilan data tes prestasi belajar fisika dengan menggunakan tes pilihan ganda. Nilai koefisien reliabilitas kuesioner efikasi diri, dukungan orang tua, dan motivasi berprestasi masing-masing sebesar 0,809, 0931, dan 0,723, sedangkantes prestasi belajar fisika siswa sebesar 0,831. Teknis analisis data yang digunakandalam penelitian ini terdiri dari lima tahap yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi, uji regresi linier satu prediktor, uji regresi ganda dua prediktor, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan positif antara efikasi diri dengan prestasi belajar fisika dengan sumbangan efektif sebesar 3,13%, 2) terdapat hubungan positif antara dukungan orang tua dengan prestasi belajar fisika dengan sumbangan efektif sebesar 61,5%, 3) terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika dengan sumbangan efektif sebesar 9,29%, dan 4) terdapat hubungan positif antara efikasi diri, dukungan orang tua, dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika dengan sumbangan efektif sebesar 73,92%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efikasi Diri1, Dukungan Orang Tua2, Motivasi Berprestasi3, Prestasi Belajar Fisika4 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Hildawati Wulandari |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 04:52 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 04:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18533 |
Actions (login required)
View Item |