Kemuda, Ni Made Gangga Adnya Ari (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BUTTON SPACE BERDIFERENSIASI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI MEMBANGUN JATI DIRI DALAM KEBINEKAAN BAGI SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 7 DAUH PURI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031102-COVER.pdf Download (804kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031102-ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031102-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (236kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031102-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031102-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031102-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031102-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031102-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031102-LAMPIRAN.pdf Download (25MB) |
Abstract
Rendahnya nilai yang didapatkan oleh para peserta didik disebabkan oleh kurangnya penggunaan media berdiferensiasi dalam pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun media button space berdiferensiasi, mengetahui kelayakan media button space berdiferensiasi, dan efektivitas dari media button space berdiferensiasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 orang ahli dan 60 orang peserta didik. Jenis data dalam penelitian pengembangan media button space berdiferensiasi yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data penelitian pengembangan media button space berdiferensiasi dilakuan dengan metode tes dan non tes. Hasil penelitian dari pengembangan media button space berdiferensiasi yaitu (1) rancang bangun media button space berdiferensiasi berupa media elektronik yang di dalamnya terdapat materi pelajaran Pendidikan Pancasila unit 3 kelas IV SD, aktivitas pembelajaran, game, video, dan evaluasi, serta menggunakan model pengembangan 4D. Hasil uji rancang bangun media button space berdiferensiasi mendapat persentase sebesar 90,91 % yang berada pada kualifikasi sangat baik atau sangat layak. (2) persentase hasil uji ahli isi sebesar 95,00 %, ahli desain sebesar 95,00 %, ahli media sebesar 96,67%, uji coba perorangan sebesar 91,67 %, dan uji coba kelompok kecil sebesar 90,56%. Rata-rata hasil uji tersebut mendapatkan nilai rata-rata sebesar 93,78% yang berada pada kualifikasi sangat baik atau sangat layak. (3) hasil perhitungan uji-t sampel independen menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis maka disimpulkan bahwa, media button space berdiferensiasi ini layak dan efektif diterapkan pada materi unit 3 membangun jati diri dalam kebinekaan, kelas IV di SD Negeri 7 Dauh Puri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media button space, berdiferensiasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Gangga Adnya Ari Kemuda |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 01:34 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 01:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18569 |
Actions (login required)
View Item |