Kencana, Pande Putu Dewi (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI MEMBANGUN JATI DIRI DALAM KEBINEKAAN BAGI SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 7 DAUH PURI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031086-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031086-ABSTRAK.pdf Download (627kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031086-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (577kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031086-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (761kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031086-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031086-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031086-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031086-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (575kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031086-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Gaya belajar menjadi kebutuhan belajar siswa dalam pembelajaran berdiferensiasi. Pengembangan modul pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan, dan efektivitas modul pembelajaran berdiferensiasi berbasis Kurikulum Merdeka pada materi membangun jati diri dalam kebinekaan bagi siswa kelas IV di SD Negeri 7 Dauh Puri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitian ini terdiri dari 4 orang ahli dan 60 siswa kelas IV. Jenis data dalam penelitian ini meliputi data kualitatif yang diperoleh dari metode non tes dan data kuantitatif yang diperoleh dari metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, analisis statistik deskriptif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun modul pembelajaran berdiferensiasi berbentuk modul elektronik dengan 4 kegiatan belajar yang mengkolaborasikan teks, audio, gambar, dan video untuk memfasilitasi perbedaan gaya belajar siswa serta mendapatkan hasil penilaian dari ahli rancang bangun sebesar 90,91% dengan kualifikasi sangat baik atau sangat layak, (2) Modul pembelajaran berdiferensiasi dinyatakan sangat baik atau sangat layak berdasarkan penilaian uji ahli isi mata pelajaran sebesar 96,67%, ahli desain pembelajaran sebesar 95%, ahli media sebesar 96,67%, uji coba perorangan sebesar 92,5%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 92,5% dengan hasil rata-rata persentase uji kelayakan ini sebesar 94,7% yang berkualifikasi sangat baik atau sangat layak. (3) Berdasarkan hasil uji t sampel independen diperoleh bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 sedangkan nilai taraf signifikansi 5% adalah 0,05. Hal ini mengartikan bahwa nilai Sig. < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berdiferensiasi berbasis Kurikulum Merdeka layak dan efektif diterapkan pada materi membangun jati diri dalam kebinekaan bagi siswa kelas IV di SD Negeri 7 Dauh Puri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Gaya Belajar, Kebinekaan, Kurikulum Merdeka, Modul Pembelajaran Berdiferensiasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Pande Putu Dewi Kencana |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 02:04 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 02:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18579 |
Actions (login required)
View Item |