PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL, LITERASI DIGITAL, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA GURU PADA SD KECAMATAN KEDIRI TABANAN

Swandewi, Ni Putu Prema (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL, LITERASI DIGITAL, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA GURU PADA SD KECAMATAN KEDIRI TABANAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2229031010-COVER)
2229031010-Cover.pdf

Download (732kB)
[img] Text (2229031010-ABSTRAK)
2229031010-Abstrak.pdf

Download (30kB)
[img] Text (2229031010-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229031010-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (176kB)
[img] Text (2229031010-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229031010-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (2229031010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229031010-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (2229031010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229031010-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (2229031010-BAB 5 PENUTUP)
2229031010-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (2229031010-DAFTAR PUSTAKA)
2229031010-Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB)
[img] Text (2229031010-LAMPIRAN)
2229031010-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kinerja guru adalah cara seorang guru bertindak atau bereaksi untuk mendapatkan hasil dari bagaimana dia mengerjakan tugas, kinerja guru dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kepemimpinan instruksional yang merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Perubahan terjadi dalam perkembangan teknologi, hal ini pasti berdampak pada efektivitas para pendidik yang menyesuaikan dalam memanfaatkan literasi digital. Kecerdasan emosional merujuk pada kemampuan individu untuk secara efektif menggunakan emosi dalam mengenali diri sendiri dan situasi sekitar ketika berinteraksi. Kecerdasan Intelektual (IQ) merupakan Tingkat pemahaman logis seseorang, yang mencakup kapasitas mereka untuk berpikir, bernalar, menafsirkan, dan mengingat sesuatu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Intruksional, Literasi Digital, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Kediri Tabanan. Metode penelitian ini menggunakan dekstriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menyatakan bahwa Nilai t-hitung pada variabel Kepemimpinan Intruksional sebesar 0.936 > (t-tabel) 0.684 dengan nilai signifikansi 0.045 < 0.05. Nilai t-hitung pada variabel Literasi Digital sebesar 0.766 > (t-tabel) 0.684 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Nilai t-hitung pada variabel Kecerdasan Emosional (EQ) sebesar 0.872 > (t-tabel) 0.684 dengan nilai signifikansi 0.38 < 0.05. Nilai t- hitung pada variabel Kecerdasan Intelektual (IQ) sebesar 0.921 > (t-tabel) 0.684 dengan nilai signifikansi 0.004 < 0.05. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa Kepemimpinan Intruksional, Literasi Digital, Kecerdasam Emosional dan Kecerdasan Intelektual berpengaruh positif terhadap kinerja Guru di SD Kecamatan Kediri Tabanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Kepemimpinan Intruksional, Literasi Digital, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Ni Putu Prema Swandewi
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:36
Last Modified: 13 Feb 2024 03:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18580

Actions (login required)

View Item View Item