Rahmah, Sayyidah (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERDIFERENSIASI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI MEMBANGUN JATI DIRI DALAM KEBINEKAAN BAGI SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 7 DAUH PURI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031094-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031094-ABSTRAK.pdf Download (624kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031094-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (574kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031094-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031094-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (901kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031094-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031094-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031094-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (578kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031094-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan atas permasalahan berupa belum tersedianya media pembelajaran yang mampu memenuhi kebutuhan individu setiap siswa sehingga tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan rancang bangun LKPD berdiferensiasi berbasis Kurikulum Merdeka, 2) mengetahui kelayakan LKPD berdiferensiasi berbasis Kurikulum Merdeka, serta 3) mengetahui efektifitas penggunaan LKPD berdiferensiasi berbasis Kurikulum Merdeka. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa LKPD berdiferensiasi berbasis Kurikulum Merdeka berbentuk elektronik digital dengan materi Membangun Jati Diri dalam Kebinekaan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk siswa kelas IV SD. Penelitian pengembangan LKPD berdiferensiasi dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas empat tahap utama, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian ini ialah 4 orang ahli dan 60 orang siswa kelas IV SD yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis data dalam penelitian ini meliputi data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, analisis statistik deskriptif, dan analisis statistik inferensial. Adapun hasil penelitian ini, yaitu rancang bangun berupa LKPD elektronik digital yang dinilai oleh ahli rancang bangun memperoleh skor 90,91%. Hasil uji kelayakan secara berurutan dari ahli isi/materi pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji perorangan, dan uji kelompok kecil, memperoleh skor 96,67%, 95%, 96,67%, 90,83%, 93,33% dengan rata-rata skor sebesar 94,5% sehingga dapat dinyatakan layak. Hasil uji efektivitas melalui uji t sampel independen dengan menggunakan desain posttest only memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang selanjutnya dibandingkan dengan taraf signifikansi 0,05 maka didapatkan hasil bahwa nilai signifikansi kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berdiferensiasi layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Membangun Jati Diri dalam Kebinekaan bagi siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: berdiferensiasi, LKPD, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Sayyidah Rahmah |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 07:33 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 07:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18592 |
Actions (login required)
View Item |