PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SD KELAS VI

Fendy Agus Gunawan, I Made (2024) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SD KELAS VI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031064_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031064_ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031064_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031064_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031064_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031064_BAB IV HASIL & PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031064_BAB V PENUTUPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031064_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031064_LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Problematika rendahnya keterampilan berbicara peserta didik berimplikasi pada kemampuan komunikasinya. Permasalahan seperti kurangnya media pembelajaran di sekolah juga memiliki sumbangsih terhadap rendahnya keterampilan berbicara peserta didik. Penelitian pengembangan ini bertujuan mencapai empat target utama, yaitu: (1) menghasilkan prototype media audio visual berbasis storytelling (2) menganalisis validitas isi media audio visual berbasis storytelling, (3) menganalisis respon siswa terhadap media audio visual berbasis storytelling, dan (4) menganalisis efektivitas media audio visual berbasis storytelling terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VI SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menerapkan model ADDIE dengan lima tahapan penelitian. Penelitian ini menitikberatkan pada media audio visual berbasis storytelling sebagai subjek, sementara fokus pengembangan ditujukan pada validitas isi materi, isi media, respon pengguna, dan efektivitas media. Metode pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan penggunaan angket/kuisioner. Instrumen-instrumen yang digunakan termasuk pedoman observasi, lembar rating scale, pedoman wawancara, serta angket/kuisioner. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Indeks validitas materi pada media audio visual berbasis storytelling mencapai nilai 0,92 dengan predikat/kualifikasi validitas yang tinggi dan validitas media audio visual berbasis storytelling mendapatkan indeks sebesar 0,91 dengan predikat/kualifikasi validitas yang tinggi. (2) Tingkat pencapaian kepraktisan siswa mencapai 97% dengan kualifikasi yang sangat baik. (3) Penggunaan media audio visual berbasis storytelling efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa SD kelas VI, dibuktikan dengan hasil dari uji t.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Media audio visual berbasis storytelling, Keterampilan berbicara.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Made Fendy Agus Gunawan
Date Deposited: 14 Feb 2024 22:06
Last Modified: 14 Feb 2024 22:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18595

Actions (login required)

View Item View Item