Sabrina, Vannya (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARDS TRILINGUAL BERBASIS E-BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BAHASA SISWA PADA MATERI KOSAKATA BAKU DAN TIDAK BAKU BAHASA INDONESIA DI KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
2011031001-COVER.pdf Download (462kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031001-ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2011031001-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (225kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2011031001-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2011031001-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031001-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2011031001-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031001-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat literasi Bahasa siswa sehingga dibutuhkannya penggunaan media literasi guna meningkatkan kemampuan literasi siswa. Kondisi di atas menarik perhatian penulis untuk mencoba meningkatkan kemampuan peserta didik menggunakan media flashcards trilingual berbasis e-booklet. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk literasi Bahasa yaitu flashcards trilingual berbasis e-booklet. Untuk mengetahui bagaimana media ini dapat meningkatkan literasi bahasa siswa pada materi kosakata baku dan tidak baku Bahasa Indonesia di kelas III sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu: tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan tahap terakhir evaluasi. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Media yang telah dibuat telah diuji validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya sebelum dapat digunakan di kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 4 Kaliuntu dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Hasil validitas media masuk pada kategori skor tinggi dengan memperoleh nilai 0,97. Hasil validitas desain masuk pada kategori tinggi dengan mendapatkan nilai 0,98. Hasil uji menunjukkan bahwa media flashcard berbasis e-booklet layak digunakan. Media ini juga efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa. Dari hasil pengembangan ini diharapkan dapat memberikan inovasi baru pengembangan media literasi flashcards, dan dapat memaksimalkan fungsi media flashcards trilingual berbasis e-booklet dalam kegiatan literasi atau proses belajar siswa sekolah dasar. Kata kunci: Media flashcards trilingual e-booklet, literasi bahasa, bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media flashcards trilingual e-booklet, literasi bahasa, bahasa Indonesia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Vannya Sabrina Putri Hamidi |
Date Deposited: | 14 Feb 2024 13:19 |
Last Modified: | 14 Feb 2024 13:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18598 |
Actions (login required)
View Item |