ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SD GUGUS I NAKULA KECAMATAN NEGARA

Sari, I Gusti Ayu Devi Anom (2024) ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SD GUGUS I NAKULA KECAMATAN NEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031108-COVER.pdf

Download (519kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031108-ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031108-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031108-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031108-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031108-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031108-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031108-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031108-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi serta kendala-kendala yang dialami guru di SD Gugus I Nakula Kecamatan Negara selama penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dilakukan di SD Gugus I Nakula Kecamatan Negara khususnya di kelas I dan IV yang sudah menggunakan Kurikulum Merdeka. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru kelas I dan IV. Metode dan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SD Gugus I Nakula telah diterapkan dengan tiga strategi diferensiasi yaitu diferensiasi konten, diferensiasi produk, dan diferensiasi lingkungan belajar. Namun pembelajaran berdiferensiasi belum diterapkan secara maksimal dan terdapat kendala-kendala yang dialami oleh guru yaitu kurangnya pengetahuan tentang pembelajaran berdiferensiasi, kurangnya keterampilan guru dalam bidang IT, kreativitas guru yang masih lemah, dan keterbatasan waktu dalam menyiapkan konten berdiferensiasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Devi Anom Sari
Date Deposited: 14 Feb 2024 13:27
Last Modified: 14 Feb 2024 13:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18611

Actions (login required)

View Item View Item