PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI 1 BANYUPOH

Widiastawan, Putu Arya (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI 1 BANYUPOH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031222-COVER.pdf

Download (410kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031222-ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031222-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031222-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031222-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031222-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031222-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031222-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031222-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan interaktif berdampak pada rendahnya pemahaman tentang konsep-konsep ilmiah dan konsep-konsep abstrak IPA serta rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi pembelajaran IPA berbasis problem based learning. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan dengan model 4D. yang terdiri atas tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini yakni 2 ahli isi mata pelajaran, 2 ahli media pembelajaran, 2 ahli desain pembelajaran, satu orang guru, 3 siswa untuk uji perorangan, dan 6 siswa untuk uji kelompok kecil. Metode pengumpulan data yaitu metode kuesioner dan angket. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data instrumen validitas isi mata pelajaran, instrumen validitas media pembelajaran, instrumen validitas desain pembelajaran. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas produk media menunjukkan bahwa uji ahli mata pelajaran memperoleh rata- rata keseleruhan 3,77 (sangat baik). Ahli media pembelajaran memperoleh rata-rata keseluruhan 3,63 (sangat baik). Ahli desain pembelajaran memperoleh rata-rata keseluruhan 3,83 (sangat baik). Hasil uji coba praktisi guru memperoleh rata -rata 3,96 (sangat baik), Hasil uji perorangan memperoleh rata -rata keseluruhan 3,80 (sangat baik) dan hasil uji coba kelompok kecil 3,78 (sangat baik).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video animasi, problem based learning, sumber energi, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: PUTU ARYA WIDIASTAWAN
Date Deposited: 14 Feb 2024 22:09
Last Modified: 14 Feb 2024 22:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18629

Actions (login required)

View Item View Item