Shinta, Ni Kadek Ananda Kumara (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PODCAST MELALUI MODEL BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031240-COVER.pdf Download (526kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031240-ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031240-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031240-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031240-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031240-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031240-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031240-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031240-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Studi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik di SD, serta pemanfaatan media pembelajaran pada kegiatan pembelajaran yang belum optimal. Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan prototype Media Pembelajaran berbasis podcast, (2) menganalisis validitas isi Media Pembelajaran berbasis podcast, (3) menganalisis respon siswa terhadap Media Pembelajaran berbasis podcast, dan (4) menganalisis efektivitas Media Pembelajaran berbasis podcast melalui model bermain peran terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Studi ini mengambil subjek Media Pembelajaran berbasis podcast, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas isi media, isi materi, respon pengguna, dan efektivitas media. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket/kuisioner. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi, lembar rating scale, pedoman wawancara, lembar dan angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Media Pembelajaran berbasis podcast yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,9432 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, (2) materi pada isi Media Pembelajaran berbasis podcast yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,9219 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, (3) tingkat pencapaian respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis podcast adalah sebesar 92,72% dengan kualifikasi sangat baik, dan (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media pembelajaran berbasis podcast efektif guna meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan1, Media2, Media Pembelajaran berbasis Podcast3, Keterampilan berbicara4. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Ananda Kumara Shinta |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 09:00 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 09:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18650 |
Actions (login required)
View Item |