Dewi, Komang (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Literasi Sains Aspek Kesadaran Lingkungan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Kintamani. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031209-COVER.pdf Download (765kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031209-ABSTRAK.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031209-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (340kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031209-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031209-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031209-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031209-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031209-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (331kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031209-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap literasi sains aspek kesadaran lingkungan siswa kelas V sekolah dasar gugus I kecamatan Kintamani Tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan posttest only control group design. Sebanyak 171 siswa yang menjadi populasi penelitian yang berasal dari siswa kelas V sekolah dasar gugus I kecamatan Kintamani. Sebanyak 47 siswa yang dipilih menjadi sampel melalui teknik random sampling. Dalam memperoleh data penelitian, digunakan metode non-tes berupa angket untuk mengukur literasi sains aspek kesadaran lingkungan. Analisis data diperoleh melalui analisis uji-t atau independent sample t-test. Penelitian ini menunjukkan hasil yaitu terdapat pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) terhadap literasi sains aspek kesadaran lingkungan siswa kelas V sekolah dasar gugus I kecamatan Kintamani (t = 10,198, p < 0,05) dengan effect size yang tergolong tinggi (ES = 1,48). Kata-kata kunci: Creative problem solving, literasi sains, kesadaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creative problem solving1, literasi sains2, kesadaran lingkungan3 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Sintya Dewi |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 02:23 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 02:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18710 |
Actions (login required)
View Item |