Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Literasi Sains Aspek Kesadaran Lingkungan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Kintamani

Dewi, Komang (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Literasi Sains Aspek Kesadaran Lingkungan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Kintamani. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031209-COVER.pdf

Download (765kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031209-ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031209-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (340kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031209-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031209-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031209-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031209-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031209-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031209-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap literasi sains aspek kesadaran lingkungan siswa kelas V sekolah dasar gugus I kecamatan Kintamani Tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan posttest only control group design. Sebanyak 171 siswa yang menjadi populasi penelitian yang berasal dari siswa kelas V sekolah dasar gugus I kecamatan Kintamani. Sebanyak 47 siswa yang dipilih menjadi sampel melalui teknik random sampling. Dalam memperoleh data penelitian, digunakan metode non-tes berupa angket untuk mengukur literasi sains aspek kesadaran lingkungan. Analisis data diperoleh melalui analisis uji-t atau independent sample t-test. Penelitian ini menunjukkan hasil yaitu terdapat pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) terhadap literasi sains aspek kesadaran lingkungan siswa kelas V sekolah dasar gugus I kecamatan Kintamani (t = 10,198, p < 0,05) dengan effect size yang tergolong tinggi (ES = 1,48). Kata-kata kunci: Creative problem solving, literasi sains, kesadaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Creative problem solving1, literasi sains2, kesadaran lingkungan3
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Sintya Dewi
Date Deposited: 16 Feb 2024 02:23
Last Modified: 16 Feb 2024 02:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18710

Actions (login required)

View Item View Item