PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN ASESMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED ASSESSMENT) DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Putri, Putu Lanny Kristina (2024) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN ASESMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED ASSESSMENT) DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031173-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031173-ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031173-BAB 1 PENDHAULUAN.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031173-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031173-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031173-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031173-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031173-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031173-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dimotivasi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa kelas V SD. Permasalahan ini disebabkan oleh kurangnya pedoman yang memandu guru dalam proses pembelajaran dan penilaian, yang mengakibatkan pembelajaran menjadi monoton. Penelitian bertujuan menghasilkan buku panduan yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4D (Four-D), melibatkan 4 ahli asesmen, 3 praktisi, dan 20 siswa kelas V SD sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui metode tes dan non-tes, dengan instrumen berupa lembar angket/kuesioner dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan asesmen mendapat validasi sangat baik dari para ahli, serta mendapat respon sangat baik dari guru dalam hal kepraktisan. Buku panduan ini juga terbukti secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V. Dengan demikian, buku panduan asesmen berbasis proyek dengan pendekatan design thinking ini layak, praktis, dan efektif digunakan. Implikasi penelitian ini adalah buku panduan tersebut dapat menjadi pedoman bagi guru dalam melakukan penilaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: buku panduan, berpikir kritis matematika, design thinking.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Lanny Kristina Putri
Date Deposited: 16 Feb 2024 04:49
Last Modified: 16 Feb 2024 04:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18719

Actions (login required)

View Item View Item