PENGEMBANGAN PANDUAN ASESMEN PEMBELAJARAN BERBASIS DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPAS

Widyastuti, Ni Luh Made Yulia (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN ASESMEN PEMBELAJARAN BERBASIS DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031079-COVER.pdf

Download (743kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031079-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031079-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031079-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031079-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031079-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031079-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031079-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031079-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Proses berpikir kreatif merupakan suatu proses yang dilalui sswa untuk menghasilkan ide atau gagasan (kreativitas) dalam memecahkan masalah. Kurangnya perhatian terhadap asesmen pembelajaran di sekolah dasar yang tepat dan mendukung kreativitas siswa menyebabkan rendahnya kemampuan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan asesmen pembelajaran berbasis design thinking untuk siswa kelas V sekolah dasar pada mata pelajaran IPAS dan menganalisis validitas, kepraktisan dan keefektifan panduan asesmen pembelajaran berbasis design thinking. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini diantaranya ahli asesmen pembelajaran, praktisi guru, dan siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu kuisioner/angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah hasil validasi oleh ahli asemen pembelajaran memperoleh kualifikasi sangat baik, Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh kualifikasi sangat baik, dan Hasil uji keefektifan panduan asesmen pembelajaran berbasis design thinking menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan panduan asesmen pembelajaran berbasis design thinking. Hal ini menunjukkan bahwa panduan asesmen pembelajaran berbasis design thinking efektif digunakan karena panduan asesmen pembelajaran ini dapat membantu guru dalam merancang dan melaksanakan asesmen untuk menggali dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa secara komprehensif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Panduan asesmen pembelajaran, Kemampuan berpikir kreatif, Design thinking
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Made Yulia Widyastuti
Date Deposited: 16 Feb 2024 02:31
Last Modified: 16 Feb 2024 02:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18721

Actions (login required)

View Item View Item