Mahayanti, Ni Kadek Anisa (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN ASESMEN PEMBELAJARAN BERBASIS DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031097-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031097-ABSTRAK.pdf Download (435kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031097-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (645kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031097-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (717kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031097-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (939kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031097-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031097-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031097-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (657kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031097-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kurang optimal penggunaan panduan asesmen pembelajaran yang mempengaruhi penurunan kemampuan belajar mandiri menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan mengembangkan panduan asesmen pembelajaran berbasis design thinking yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan model penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 ahli, 1 orang guru dan 38 siswa kelas IV sekolah dasar. Objek uji coba penelitian ini adalah kemampuan belajar mandiri siswa kelas IV sekolah dasar. Implikasi penelitian ini yakni panduan asesmen pembelajaran memudahkan guru dalam melibatkan peserta didik untuk mencapai capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran. Pengembangan panduan asesmen pembelajaran yang berbasis design thinking khususnya untuk meningkatkan kemampuan belajar mandiri siswa kelas IV sekolah dasar. Panduan ini dirancang untuk memfasilitasi pembelajaran yang mendorong siswa kelas IV untuk menjadi pembelajar mandiri dengan menggabungkan konsep-konsep design thinking dalam proses pengembangannya. Melalui langkah-langkah yang terstruktur, panduan ini berfokus pada pemahaman kebutuhan siswa pada tahap perkembangan usia mereka, mengidentifikasi tantangan belajar yang mungkin dihadapi, dan merancang solusi-solusi yang merangsang kemandirian belajar. Dengan menggunakan prinsip-prinsip design thinking, panduan ini menawarkan pendekatan iteratif yang dapat disesuaikan dengan dinamika kelas IV sekolah dasar guna memastikan efektivitas dalam meningkatkan kemampuan belajar mandiri siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah koesioner/angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa asesmen ini efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar mandiri siswa kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pengembangan, Asesmen pembelajaran, Kemampuan belajar mandiri, Design Thinking. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI KADEK ANISA MAHAYANTI |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 03:30 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 03:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18725 |
Actions (login required)
View Item |