PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MENGGUNAKAN HEYZINE FLIPBOOK DALAM MATERI ORGAN PENCERNAAN PADA KELAS V DI SDN 1 TERUNYAN

Semi, Ni Kadek (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MENGGUNAKAN HEYZINE FLIPBOOK DALAM MATERI ORGAN PENCERNAAN PADA KELAS V DI SDN 1 TERUNYAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031277-COVER.pdf

Download (324kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031277-ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031277-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031277-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031277-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031277-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031277-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031277-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031277-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena ada keterbatasan dalam penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di SDN 1 Terunyan. Tujuannya adalah untuk menciptakan sebuah E-modul interaktif menggunakan heyzine flipbook untuk mata pelajaran IPAS, mengevaluasi kevalidannya, dan mengukur tingkat kepraktisannya khususnya dalam pembelajaran tentang organ pencernaan manusia. Dengan menggunakan model ADDIE, penelitian ini melibatkan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil evaluasi kevalidan produk menunjukkan bahwa menurut ahli media pembelajaran, E-modul ini mencapai tingkat validitas sebesar 91% dalam kategori sangat baik, sementara menurut ahli materi pelajaran, tingkat validitasnya mencapai 93% dalam kategori sangat baik. Evaluasi terhadap tingkat kepraktisan produk berdasarkan respons dari guru dan siswa menunjukkan bahwa produk ini mencapai tingkat kepraktisan sebesar 100% dalam kategori sangat praktis. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penilaian kevalidan dan kepraktisan tersebut, E-modul interaktif ini dianggap sesuai dan bermanfaat sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif untuk mempelajari materi tentang organ pencernaan manusia pada mata pelajaran IPAS kelas V di SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-modul Interaktif, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Semi
Date Deposited: 16 Feb 2024 06:20
Last Modified: 16 Feb 2024 06:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18741

Actions (login required)

View Item View Item