Pujastuti, Komang Tri (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS VII UBUD TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031207-COVER.pdf Download (558kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031207-ABSTRAK.pdf Download (92kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031207-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (178kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031207-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031207-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031207-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031207-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031207-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031207-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V SD Negeri Gugus VII Ubud Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus VII Ubud sebanyak 118 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD Negeri 2 Sayan sebagai kelompok eksperimen dengan banyak siswa 26 dan siswa kelas V SD Negeri 1 Sayan sebagai kelompok kontrol dengan banyak siswa 19. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan jenis tes yang digunakan yaitu tes pilihan ganda yang banyaknya 20 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil analisis skor post-test pada kelompok eksperimen adalah 82,31 dan berada pada kategori tinggi, sedangkan hasil analisis skor post-test pada kelompok kontrol adalah 63,68 dan berada pada kategori rendah. Hasil dari analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar kemudian ttabel dengan dk = 43 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,016. Sehingga menunjukkan hasil yakni thitung = 10,038 > ttabel = 2,016, maka H0 tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan numerasi antara kelompok yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dengan kelompok yang tidak dibelajarkan dengan model Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri Gugus VII Ubud dan H1 terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran dengan kemampuan numerasi antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dengan kelompok yang tidak dibelajarkan dengan model Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri Gugus VII Ubud. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V SD Negeri Gugus VII Ubud Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Kemampuan Numerasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Tri Pujastuti |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 06:29 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 06:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18745 |
Actions (login required)
View Item |