PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Bukian, I Gusti Ayu Made WInda Pradnyasari (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031287-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031287-ABSTRAK.pdf

Download (297kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031287-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (317kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031287-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031287-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031287-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031287-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031287-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031287-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Rendahnya minat belajar siswa berdampak pada hasil belajar yang rendah pula diakibatkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran elektronik. Kajian ini memiliki tujuan mengetahui rancang bangun, keberterimaan dan efektivitas dari media pembelajaran e-komik untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Kajian ini mengembangkan media pembelajaran e-komik dengan topik materi Indonesiaku Kaya Hayatinya mempergunakan pemodelan pengembangan ADDIE. Populasi pada kajian ini sebanyak delapan sekolah. Pemilihan sampel dengan teknik random sampling sehingga diperoleh satu kelompok kontrol dan satu kelompok eksperimen. Subjek kajian ini ialah siswa dari sekolah sampel. Data penelitian dalam bentuk hasil belajar IPAS diperoleh melalui tes dalam bentuk tugas dan keberterimaan media e-komik serta minat belajar siswa diperoleh melalui kuesioner. Hasil uji keberterimaan pengembangan media e-komik dinyatakan layak berdasarkan review oleh pakar ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan dua ahli praktisi pembelajaran. Uji respons siswa diperoleh rata-rata produk sebesar 4,8 dengan kualifikasi kepraktisan sangat baik. Hasil uji efektivitas pengembangan media e-komik untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang mempergunakan media e-komik dengan kelompok siswa yang tidak mempergunakan media e-komik. Kata kunci: Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), Model Pengembangan ADDIE, Minat Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), Model Pengembangan ADDIE, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Made Winda Pradnyasari Bukian
Date Deposited: 16 Feb 2024 08:32
Last Modified: 16 Feb 2024 08:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18754

Actions (login required)

View Item View Item