PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENYAJIAN MAKANAN DAN MINUMAN KELAS XI DI SMK N 1 SERIRIT

Ardyanto, I Putu Mawa (2024) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENYAJIAN MAKANAN DAN MINUMAN KELAS XI DI SMK N 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051105-COVER.pdf

Download (969kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051105-ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051105-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051105-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051105-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051105-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051105-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051105-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051105-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis Discovery Learning dalam pembelajaran penyajian makanan dan minuman di kelas XI SMK N 1 Seririt. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan media yang melibatkan beberapa tahap, seperti analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK N 1 Seririt. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Selain itu, uji coba lapangan dilakukan untuk mengukur efektivitas media interaktif yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif berbasis Discovery Learning dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran penyajian makanan dan minuman. Siswa lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran, serta mampu mengembangkan keterampilan praktis mereka. Evaluasi dari guru dan siswa menunjukkan respons positif terhadap penggunaan media interaktif ini yang dibuktikan melalui hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Pada hasil uji coba kelompok kecil menghasilkan 91.5% serta uji coba lapangan menghasilkan 92.21%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Discovery Learning, Penyajian Makanan dan Minuman, Research and Development (R&D).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Putu Mawa Ardyanto
Date Deposited: 19 Feb 2024 00:27
Last Modified: 19 Feb 2024 00:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18821

Actions (login required)

View Item View Item