Sari, Luhfita Purnama (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS XII MIPA SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011035-COVER.pdf Download (383kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011035-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (127kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011035-LAMPIRAN.pdf Download (686kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan: (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal materi program linear, dan (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari adversity quotient (AQ). Penelitian deskriptif kualitatif ini memiliki subjek penelitian yakni siswa kelas XII MIPA tahun pelajaran 2023/2024 semester ganjil di SMA Negeri 2 Singaraja. Subjek penelitian yang mengikuti tes kemampuan berpikir kritis dan mengisi angket adversity response profile (ARP) sebanyak 32 siswa, kemudian dipilih 6 siswa menggunakan teknik purposive sampling untuk mengikuti wawancara. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes uraian, angket, dan wawancara. Tes yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis dengan indikator interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kualitatif, dengan analisis kualitatif terdiri atas tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memberikan hasil rerata persentase kemampuan berpikir kritis siswa di materi program linear kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Singaraja sebesar 73,44% dengan kriteria baik. Persentase dan kriteria kemampuan berpikir kritis siswa di indikator interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi secara berurutan 75,35% (baik), 92,71% (sangat baik), 71,88% (baik), dan 53,82% (cukup). Dari 32 siswa, terdapat 24 siswa pada AQ tingkat campers dengan 10 siswa kategori sedang dan 14 siswa kemampuan berpikir kritis kategori tinggi, 6 siswa dengan AQ tingkat peralihan campers menuju climbers dengan kemampuan berpikir kritis kategori tinggi, dan 2 siswa dengan AQ tingkat climbers dengan kemampuan berpikir kritis kategori tinggi. Siswa dengan AQ tingkat campers dengan kemampuan berpikir kritis sedang hanya bisa menuntaskan 2 dari 4 indikator. Siswa pada AQ tingkat campers dengan kemampuan berpikir kritis tinggi sudah bisa menuntaskan 3 dari 4 indikator. Siswa pada AQ tingkat peralihan antara campers menuju climbers dengan kemampuan berpikir kritis tinggi, sudah bisa menuntaskan 3 dari 4 indikator. Siswa pada AQ tingkat climbers dengan kemampuan berpikir kritis tinggi sudah mampu menuntaskan semua indikator.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Adversity Quotient, Materi Program Linear |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Luhfita Purnama Sari |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 03:59 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 03:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18829 |
Actions (login required)
View Item |