Apriani, Evy Monifa (2020) Kendala implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMAN 2 Singaraja dan SMAN 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1312061041-COVER.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1312061041-ABSTRAK.pdf.pdf Download (548kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1312061041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (314kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1312061041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1312061041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1312061041-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (982kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1312061041-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1312061041-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (222kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1312061041-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kendala guru bahasa Jepang dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, faktor penyebab kendala serta upaya guru bahasa Jepang untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan teori implementasi Kurikulum 2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu guru mengalami kendala dalam menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, menentukan model pembelajaran, merancang langkah pembelajaran, menyiapkan media pembelajaran, keterbatasan buku ajar, menerapkan pendekatan scientific, dan melakukan asesmen Kurikulum 2013. Faktornya adalah penggunaan media ajar belum maksimal, ketersediaan sarana prasarana, guru terbiasa mengajar dengan kurikulum lama, keterbatasan penguasaan bahasa Jepang, karakteristik siswa, jumlah siswa, keterbatasan waktu, keaktifan siswa, banyaknya jenis asesmen, dan beban kerja guru yang besar. Upaya yang dilakukan adalah memerhatikan pedoman Kurikulum 2013, mencari materi di sumber lainnya, pemanfaatan teknologi secara optimal dan melakukan penilaian secara bergantian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | faktor, kendala, implementasi, Kurikulum 2013, upaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Evy Monifa Apriani |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 04:01 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 04:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1886 |
Actions (login required)
View Item |