Kendala implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMAN 2 Singaraja dan SMAN 4 Singaraja

Apriani, Evy Monifa (2020) Kendala implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMAN 2 Singaraja dan SMAN 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1312061041-COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1312061041-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (548kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1312061041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1312061041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1312061041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1312061041-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1312061041-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1312061041-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1312061041-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kendala guru bahasa Jepang dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, faktor penyebab kendala serta upaya guru bahasa Jepang untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan teori implementasi Kurikulum 2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu guru mengalami kendala dalam menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, menentukan model pembelajaran, merancang langkah pembelajaran, menyiapkan media pembelajaran, keterbatasan buku ajar, menerapkan pendekatan scientific, dan melakukan asesmen Kurikulum 2013. Faktornya adalah penggunaan media ajar belum maksimal, ketersediaan sarana prasarana, guru terbiasa mengajar dengan kurikulum lama, keterbatasan penguasaan bahasa Jepang, karakteristik siswa, jumlah siswa, keterbatasan waktu, keaktifan siswa, banyaknya jenis asesmen, dan beban kerja guru yang besar. Upaya yang dilakukan adalah memerhatikan pedoman Kurikulum 2013, mencari materi di sumber lainnya, pemanfaatan teknologi secara optimal dan melakukan penilaian secara bergantian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: faktor, kendala, implementasi, Kurikulum 2013, upaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Evy Monifa Apriani
Date Deposited: 20 Jul 2020 04:01
Last Modified: 20 Jul 2020 04:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1886

Actions (login required)

View Item View Item