Dewi, Yuli Ratna (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DAN JENIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VIII SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2129071023-COVER)
2129071023-Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (2129071023-ABSTRAK)
2129071023-Abstrak.pdf Download (425kB) |
|
Text (2129071023-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129071023-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (399kB) |
|
Text (2129071023-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129071023-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (2129071023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129071023-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (950kB) | Request a copy |
|
Text (2129071023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129071023-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) | Request a copy |
|
Text (2129071023-BAB 5 PENUTUP)
2129071023-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) | Request a copy |
|
Text (2129071023-DAFTAR PUSTAKA)
2129071023-Daftar Pustaka.pdf Download (515kB) |
|
Text (2129071023-LAMPIRAN)
2129071023-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1)Mnejelaskan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran pemecahan masalah dengan siswa yang belajar dengan model pembelajarang langsung.2)Mendeskripsikan perbedaan kemampaun pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan jenis masalah oepn ended dan jenis maslaah close ended.3) menjelaskan pengaruh interaksi antara model pembelajaran pemecahan masalah dn jenis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non equivalent control group desain. Populasi penelitian ini adalah 9 kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar tahun pelajaran 2022/2023. Sembilan kelas dipilih sebagai sampel dengan teknik group random sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data kemampauan pemecahan masalah dikumpulkan dengan penyetraan(pre test) awal perlakuan dan pada post test pada akhir pelakuan, data kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan dengan tes uraian berdasarkan jenis masalah open ended dan close ended . Data dianalisis secara deskriptif dan Analysis of variance dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan model pemecahan masalah dan peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung, dengan hasil yang lebih baik pada siswa yang belajar dengan model pembelajaran pemecahan masalah.Perbedaan jenis masalah yang diberikan antara siswa yang belajar dengan jenis masalah open ended dengan siswa yang belajar dengan jenis masalah close ended dengan hasil yang lebih baik pada siswa yang belajar dengan jenis masalah close ended.. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pemecahan masalah dan jenis masalah open ended secara signifikan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Pemecahan Masalah,Kemampuan Pemecahan Masalah dan Jenis Masalah Open Ended Dan Close Ended |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Yuli Ratna Dewi |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 07:56 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 07:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18861 |
Actions (login required)
View Item |