PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DAN JENIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VIII SMP

Dewi, Yuli Ratna (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DAN JENIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VIII SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129071023-COVER)
2129071023-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (2129071023-ABSTRAK)
2129071023-Abstrak.pdf

Download (425kB)
[img] Text (2129071023-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129071023-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (399kB)
[img] Text (2129071023-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129071023-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2129071023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129071023-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB) | Request a copy
[img] Text (2129071023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129071023-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (2129071023-BAB 5 PENUTUP)
2129071023-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (2129071023-DAFTAR PUSTAKA)
2129071023-Daftar Pustaka.pdf

Download (515kB)
[img] Text (2129071023-LAMPIRAN)
2129071023-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1)Mnejelaskan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran pemecahan masalah dengan siswa yang belajar dengan model pembelajarang langsung.2)Mendeskripsikan perbedaan kemampaun pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan jenis masalah oepn ended dan jenis maslaah close ended.3) menjelaskan pengaruh interaksi antara model pembelajaran pemecahan masalah dn jenis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non equivalent control group desain. Populasi penelitian ini adalah 9 kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar tahun pelajaran 2022/2023. Sembilan kelas dipilih sebagai sampel dengan teknik group random sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data kemampauan pemecahan masalah dikumpulkan dengan penyetraan(pre test) awal perlakuan dan pada post test pada akhir pelakuan, data kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan dengan tes uraian berdasarkan jenis masalah open ended dan close ended . Data dianalisis secara deskriptif dan Analysis of variance dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan model pemecahan masalah dan peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung, dengan hasil yang lebih baik pada siswa yang belajar dengan model pembelajaran pemecahan masalah.Perbedaan jenis masalah yang diberikan antara siswa yang belajar dengan jenis masalah open ended dengan siswa yang belajar dengan jenis masalah close ended dengan hasil yang lebih baik pada siswa yang belajar dengan jenis masalah close ended.. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pemecahan masalah dan jenis masalah open ended secara signifikan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Pemecahan Masalah,Kemampuan Pemecahan Masalah dan Jenis Masalah Open Ended Dan Close Ended
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: Yuli Ratna Dewi
Date Deposited: 19 Feb 2024 07:56
Last Modified: 19 Feb 2024 07:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18861

Actions (login required)

View Item View Item