IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA KELAS XI SMAN 1 RENDANG

PUTRA, ARYADI (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA KELAS XI SMAN 1 RENDANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713041052-COVER.pdf

Download (593kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713041052-ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713041052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1713041052-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041052-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041052-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713041052-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan desain Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1, MIPA 2, MIPA 3, dan MIPA 4. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis dengan memakai teknik analisis deskriptif dan statistik Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung, dengan nilai statistik F = 99,329 dengan angka signifikansi 0,001 yang lebih kecil dari batas penolakan hipotesis 0,05. Adapun saran yang disampaikan adalah peneliti lainnya sangat diharapkan untuk melakukan penelitian mengenai model inkuiri terbimbing yang dianggap penting untuk dikaji dengan mengambil sampel yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing, pembelajaran langsung, berpikir kritis, sistem pernapasan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: I Putu Aryadi Putra
Date Deposited: 21 Feb 2024 08:11
Last Modified: 21 Feb 2024 08:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18876

Actions (login required)

View Item View Item