Pengaruh model pembelajaran Directed Reading and Thinking Activity (DRTA) berbantuan Padlet terhadap motivasi belajar dan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Inggris siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Kubu

Santikacahya, I Gede Okta (2024) Pengaruh model pembelajaran Directed Reading and Thinking Activity (DRTA) berbantuan Padlet terhadap motivasi belajar dan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Inggris siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Kubu. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129071007-COVER.pdf

Download (745kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129071007-ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129071007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129071007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129071007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129071007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129071007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129071007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129071007-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan motivasi belajar dan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti model Directed Reading and Thinking Activity (DRTA) berbantuan Padlet dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan rancangan Non-Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada panelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 5 Kubu Tahun Pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari tiga kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Classroom Random Sampling dan terpilih dua kelas digunakan sebagai sampel, satu kelas sebagai kelompok experimen dan kelas lain sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman dan angket motivasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan MANCOVA dengan kemampuan membaca pemahaman awal dan motivasi belajar awal sebagai kovariat. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan membaca pemahaman dan motivasi belajar secara bersama-sama antara siswa yang mengikuti model DRTA berbantuan Padlet dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung. Kedua ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar antara siswa yang mengikuti model DRTA berbantuan Padlet dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung. Dimana siswa yang mengikuti model DRTA berbantuan Padlet mendapat nilai rata-rata motivasi belajar lebih tinggi (84,06) dibanding dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung (81,76). Ketiga ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti model DRTA berbantuan Padlet dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung. Dimana siswa yang mengikuti model DRTA berbantuan Padlet mendapat nilai rata-rata kemampuan membaca lebih tinggi (80,09) dibanding dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung (75,00). Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan membaca pemahaman kita dapat menggunakan pembelajaran model DRTA berbantuan Padlet.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Directed Reading and Thinking Activity (DRTA), motivasi belajar, kemampuan membaca pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: I Gede Okta Santikacahya
Date Deposited: 20 Feb 2024 06:26
Last Modified: 20 Feb 2024 06:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18879

Actions (login required)

View Item View Item