THE APPLICATION OF LINGUISTIC LANDSCAPE TECHNIQUE THROUGH PROJECT-BASED LEARNING ON 7TH GRADE STUDENT’S WRITING SKILLS AT SMP PGRI 2 DENPASAR

Devi, Madhu Sri (2024) THE APPLICATION OF LINGUISTIC LANDSCAPE TECHNIQUE THROUGH PROJECT-BASED LEARNING ON 7TH GRADE STUDENT’S WRITING SKILLS AT SMP PGRI 2 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021034-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021034-ABSTRAK.pdf

Download (741kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021034-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini menyelidiki dampak signifikan penggunaan Teknik Lanskap Linguistik (LL) bersama dengan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas tujuh di SMP PGRI 2 Denpasar. Dengan latar belakang pengaruh Industri 4.0 terhadap pendidikan, terdapat peningkatan penekanan pada strategi inovatif yang selaras dengan kerangka 6C (karakter, kewarganegaraan, pemikiran kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi). Mengingat tantangan komunikasi yang dihadapi siswa, khususnya dalam menulis, penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut. Pembelajaran Berbasis Proyek, khususnya ketika menggabungkan Lanskap Linguistik, muncul sebagai pendekatan pedagogi yang menjanjikan. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran, penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental yang menggabungkan tes, kuesioner, dan wawancara untuk pengumpulan data. Analisis data kuantitatif, khususnya uji-t sampel berpasangan, menunjukkan dampak yang signifikan secara statistik dari pemanfaatan Lanskap Linguistik melalui Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap keterampilan menulis siswa (sig. = .000 < α = .05). Oleh karena itu, penelitian ini menyoroti pengaruh positif pengintegrasian Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dan Linguistic Landscape (LL) dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas tujuh di SMP PGRI 2 Denpasar. Temuan menunjukkan bahwa mengintegrasikan lanskap linguistik ke dalam pembelajaran berbasis proyek secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis siswa, didukung oleh hasil pre-test dan post-test. Berdasarkan persepsi yang diperoleh dari kuesioner dan wawancara dengan guru bahasa Inggris, terlihat bahwa mengintegrasikan lanskap linguistik ke dalam pembelajaran berbasis proyek juga berdampak positif terhadap peningkatan keterampilan menulis siswa. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan menulis tetapi juga mendorong penerapan aktif pengetahuan linguistik dan memperkaya pengalaman belajar bahasa secara keseluruhan. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap wacana yang sedang berlangsung mengenai metodologi pendidikan yang efektif, dengan menekankan pentingnya pendekatan yang fleksibel untuk mengatasi tantangan pendidikan kontemporer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Pembelajaran Berbasis Proyek, Persepsi Guru, Teknik Lanskap Linguistik.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Madhu Sri Devi
Date Deposited: 20 Feb 2024 00:15
Last Modified: 20 Feb 2024 00:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18910

Actions (login required)

View Item View Item