Putri, Made Listya Agata (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN PENANAMAN NILAI KARAKTER SISWA SMP KELAS VIII. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2123011013-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2123011013-ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123011013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123011013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2123011013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2123011013-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Tri Hita Karana yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dan penanaman karakter siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang diperkenalkan pada tahun 1947 oleh Sivasailam Thiagarajan. Yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define (pendefisian), Design (perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Namun karena keterbatasan waktu penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Develop (Pengembangan). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Denpasar dengan dilakukan 3 tahap uji coba. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar validitas Multimedia Interaktif berbasis Tri Hita Karana, lembar keterlaksanaan Multimedia Interaktif berbasis Tri Hita Karana, angket respon guru, angket respon siswa, tes pemahaman konsep dan angket penilaian karakter. Hasil penelitian didapatkan bahwa : (1) Multimedia Interaktif yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat valid dengan rata-rata skor 0,84, (2) Multimedia Interaktif yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat praktis dengan rata-rata skor 3,52 (3) Multimedia Interaktif yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat efektif dengan rata-rata skor tes pemahaman konsep 0,73 dan rata-rata skor penilaian karakter religius 84%, skor penilaian karakter kemanusiaan 86% dan skor penilaian kepedulian terhadap lingkungan 90%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, THK, Pemahaman Konsep, Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Made Listya Agata Putri |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 01:18 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 01:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18918 |
Actions (login required)
View Item |