Putri, Luh Hanny Arsana (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SERIRIT DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011057-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011057-ABSTRAK.pdf Download (239kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (219kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011057-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011057-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011057-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir komputasi siswa mengakibatkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah sebagai kemampuan yang diperlukan dalam menghadapi tuntutan abad ke-21. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan deskripsi mengenai kemampuan berpikir komputasi siswa dan kendala yang menyebabkan siswa memiliki kemampuan berpikir komputasi kategori rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskiriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 40 orang siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Seririt semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 dan yang diwawancara adalah subjek penelitian dengan skor total terendah sebanyak 5 orang. Data penelitian ini merupakan kemampuan berpikir komputasi yang dikumpulkan dengan menggunakan tes tertulis. Tes tertulis disusun dengan mengadaptasi soal Bebras Task. Analisis kualitatif dilaksanakan dengan pengumpulan, reduksi, dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan berpikir komputasi siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Seririt dalam memecahkan masalah matematis tergolong sedang dengan persentase setiap komponennya adalah 50,38% (abstraksi), 47,25% (dekomposisi), 35,25% (pengenalan pola dan generalisasi), dan 29,88% (berpikir algoritma); (2) kendala yang dihadapi siswa diantaranya siswa belum terbiasa memilah informasi, kurangnya kemampuan matematis dan konsentrasi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir komputasi, masalah matematis, pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Luh Hanny Arsana Putri |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 01:16 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 01:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19032 |
Actions (login required)
View Item |