Meinawati, Eni (2024) ANALISIS PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA KELAS XI BAHASA 2 PADA PROSES BELAJAR BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912061015-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912061015-ABSTRAK.pdf Download (380kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912061015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (96kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912061015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1912061015-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912061015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912061015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912061015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912061015-LAMPIRAN.pdf Download (854kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam memotivasi siswa kelas XI Bahasa 2 selama proses pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Sukasada. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, wawancara semi-terstruktur dengan guru, wawancara terstruktur dengan siswa, dan dokumentasi berupa foto, video, dan audio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mampu menerapkan lima peran dalam pembelajaran bahasa Jepang di kelas Bahasa 2. Guru berperan sebagai demonstrator, pengelola kelas, fasilitator, evaluator, dan motivator. Peran guru yang tidak terlaksana oleh guru adalah peran guru sebagai mediator. Selain lima peran tersebut, guru menanamkan karakteristik kesabaran, menghargai usaha positif siswa, dan kepekaan terhadap keadaan siswa. Dengan demikian, siswa kelas XI Bahasa 2 dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru tidak hanya terbatas pada aspek pembelajaran formal, tetapi juga melibatkan aspek pengembangan karakter dan pemberian dukungan emosional kepada siswa. Penemuan ini memberikan wawasan lebih dalam tentang kompleksitas peran guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang tidak hanya efektif secara akademis tetapi juga peduli terhadap perkembangan pribadi siswa. Implikasi peran guru bahasa Jepang mampu memotivasi siswa kelas XI Bahasa 2 dalam belajar bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Sukasada.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru, motivasi siswa, lima peran guru. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Eni Meinawati |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 13:42 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 13:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19141 |
Actions (login required)
View Item |