Astiti, Juli (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERORIENTASI MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PERKEMBANGAN ANAK TK LABORATORIUM UNDIKSHA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (2129071010-COVER)
2129071010-COVER.pdf Download (415kB) |
|
Text (2129071010-ABSTRAK)
2129071010 -ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
|
Text (2129071010-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129071010 -BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (2129071010-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129071010 - BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (2129071010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129071010 -BAB 3 METODE PENELITIAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (2129071010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129071010 -BAB 4 HASIL PENELITIAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (2129071010-BAB 5 PENUTUP)
2129071010 -BAB 5 PENUTUP .pdf Restricted to Repository staff only Download (796kB) | Request a copy |
|
Text (2129071010-DAFTAR PUSTAKA)
2129071010 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (2129071010-LAMPIRAN)
2129071010 - LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
ABSTRAK Astiti, Putu Juli (2023), Pengembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Multiple Intelligences untuk meningkatkan Kompetensi Perkembangan Anak TK Laboratorium Undiksha, Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Ni Nyoman Parwati, M.Pd. dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Made Tegeh, S.Pd., M.Pd. Kata-kata kunci: Multimedia Interaktif, Multiple Intelligences, Anak Usia Dini. Masalah utama dalam penelitian ini ada belum berkembangnya multiple intelligences siswa sesuai dengan bakat dan minat masing-masing. Tujuan yang ingin dicapai dalama penelitian ini adalah 1) mengembangkan multimedia inteeraktif berorientasi multiple intelligences, 2) menguji validitas dan kepraktisan multimedia, 3) menguji keefektifan multimedia. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan lembar pengamatan. Kuesioner digunakan untuk mengukur validitas dan kepraktisan multimedia dari para ahli dan para pengguna. Lembar pengamatan digunakan untuk mengukur efektivitas multimedia dalam meningkatkan kompetensi perkembangan anak TK. Data hasil penelitian dianalasis secara deskritif kuantitatif dan lembar pengamatan dianalisis dengan metode analisis deskritif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Validitas aspek desain (93,53%), aspek media pembelajaran (90,00%), dan aspek isi pembelajaran (95,00%). Kepraktisan multimedia interaktif melalui uji perorangan memperoleh tingkat persentase 96,67% dan kelompok kecil memperoleh tingkat persentase 96,67%. Uji efektivitas menunjukkan bahwa multimedia interaktif berorientasi multiple intelligences mampu meningkatkan kompetensi perkembangan siswa khusus pada lima aspek multiple intelligences yaitu Logis-matetamtik, Musical, MI Kinestik, Visual-spasial, dan Linguistik verbal. Rerata kecerdasan majemuk siswa pada pertemuan I dengan skor 78 berada pada kategori baik pertemuan II dengan skor 85 dengan kategori baik, pertemuan III dengan skor 91 dengan kategori sangat baik, pertemuan IV dengan skor 98 dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Multiple Intelligences, Anak Usia Dini. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Putu Juli Astiti |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 12:04 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 12:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19161 |
Actions (login required)
View Item |