PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS TRI HITA KARANA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN BAGI SISWA KELAS IV SD

Dita, Made Agus Dwi Pradnyana (2024) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS TRI HITA KARANA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN BAGI SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041007-COVER.pdf

Download (457kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041007-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041007-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan menghasilkan buku cerita bergambar berbasis Tri Hita Karana mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi hak dan kewajiban bagi siswa kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila di kelas IV sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, 2 orang guru kelas IV dan siswa kelas IV di SD No. 2 Dalung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes serta instrumen penelitiannya berupa lembar kuesioner validitas atau kelayakan, lembar kuesioner kepraktisan dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rancang bangun dari buku cerita bergambar ini terdiri dari bagian cover depan, identitas, sambutan, tujuan pembelajaran, petunjuk penggunaan, pengenalan tokoh, isi buku cerita bergambar, glosarium, biodata penulis dan cover belakang, (2) Validitas atau kelayakan buku cerita bergambar dari materi pembelajaran sebesar 88,33% dengan kualifikasi layak sedangkan dari ahli media pembelajaran sebesar 99,1% dengan kualifikasi sangat layak, (3) Kepraktisan buku cerita bergambar berbasis Tri Hita Karana materi hak dan kewajiban bagi siswa kelas IV SD oleh guru diperoleh persentase rata-rata sebesar 98,08% dengan kualifikasi sangat praktis sedangkan kepraktisan oleh siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 97,17% dengan kualifikasi sangat praktis, (4) Efektivitas buku cerita bergambar diperoleh nilai sig. < 0,05 yaitu sebesar 0,001 sehingga dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar efektif dalam meningkatkan hasil belajar hak dan kewajiban siswa di kelas IV SD No. 2 Dalung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: buku cerita bergambar, Tri Hita Karana, hak dan kewajiban
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Made Agus Dwi Pradnyana Dita
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:40
Last Modified: 21 Feb 2024 07:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19179

Actions (login required)

View Item View Item