PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN KUTA UTARA KABUPATEN BADUNG

Mulyaningsih, Ni Made (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN KUTA UTARA KABUPATEN BADUNG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041040-COVER.pdf

Download (407kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041040-ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041040-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041040-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041040-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap motivasi dan hasil belajar IPA. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitian post-test only non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus II Kecamatan Kuta Utara yang berjumlah 166 siswa dan sudah dinyatakan setara secara akademik melalui analisis Anava. Sampel penelitian ini diperoleh melalui teknik random sampling. Sehingga, ditentukan bahwa untuk kelas eksperimen yaitu SD 1 Tibubeneng berjumlah 28. Sedangkan untuk kelas kontrol SD 2 Tibubeneng berjumlah 28. Data dikumpulkan dengan metode non-tes untuk motivasi belajar dan tes untuk hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis Manova untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara simultan model Student Facilitator And Explaining terhadap motivasi dan hasil belajar IPA (F = 13901,309, p < 0,05). (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap motivasi belajar IPA (F = 408,688, p < 0,05). (3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar IPA (F = 53,635, p < 0,05). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Kuta Utara.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: SFE, motivasi, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Made Mulyaningsih
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:34
Last Modified: 21 Feb 2024 07:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19184

Actions (login required)

View Item View Item