Mulyaningsih, Ni Made (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN KUTA UTARA KABUPATEN BADUNG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041040-COVER.pdf Download (407kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041040-ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041040-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041040-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap motivasi dan hasil belajar IPA. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitian post-test only non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus II Kecamatan Kuta Utara yang berjumlah 166 siswa dan sudah dinyatakan setara secara akademik melalui analisis Anava. Sampel penelitian ini diperoleh melalui teknik random sampling. Sehingga, ditentukan bahwa untuk kelas eksperimen yaitu SD 1 Tibubeneng berjumlah 28. Sedangkan untuk kelas kontrol SD 2 Tibubeneng berjumlah 28. Data dikumpulkan dengan metode non-tes untuk motivasi belajar dan tes untuk hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis Manova untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara simultan model Student Facilitator And Explaining terhadap motivasi dan hasil belajar IPA (F = 13901,309, p < 0,05). (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap motivasi belajar IPA (F = 408,688, p < 0,05). (3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar IPA (F = 53,635, p < 0,05). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Kuta Utara.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SFE, motivasi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Made Mulyaningsih |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 07:34 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 07:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19184 |
Actions (login required)
View Item |