PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS PERMAINAN BOLA BASKET DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Amiariasti, Ni Kadek (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS PERMAINAN BOLA BASKET DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129121008-COVER.pdf

Download (676kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129121008-ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129121008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129121008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129121008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129121008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129121008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129121008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129121008-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) perbedaan hasil belajar chest pass peserta didik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan feedback visual dan peserta didik dengan model pembelajaran konvensional dengan teknik ceramah, (2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan feedback visual dan motivasi terhadap hasil belajar chest pass peserta didik, (3) perbedaan hasil belajar chest pass antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan feedback visual dan model pembelajaran konvensional dengan teknik ceramah pada peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi, serta (4) perbedaan hasil belajar chest pass antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan feedback visual dan model pembelajaran konvensional dengan teknik ceramah pada peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan Posttest Only Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kintamani pada tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 358 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini terdiri dari 4 kelas (XIA, XID, XIE dan XIF) dengan jumlah sebanyak 144 orang siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa hasil belajar chest pass. Data hasil belajar chest pass dikumpulkan dengan tes hasil belajar chest pass. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji ANAVA 2 jalur yang dilanjutkan dengan uji Least Significant Difference (LSD) untuk menguji komparasi pasangan nilai rata-rata tiap kelompok perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat perbedaan hasil belajar permainan bola basket peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran STAD berbantuan feedback visual dan peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F = 4,484; p<0,05), (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar permainan bola basket peserta didik (F = 34,278; p<0,05), (3) terdapat perbedaan hasil belajar permainan bola basket peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran STAD berbantuan feedback visual dan peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional untuk peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi (F = 50,361; p<0,05), serta (4) perbedaan hasil belajar permainan bola basket peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran STAD berbantuan feedback visual dan peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional untuk peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah (F= 5,101; p<0,05). Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan feedback visual dapat meningkatkan hasil belajar chest pass ditinjau dari motivasi peserta didik tingkat Sekolah Menengah Atas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: chest pass, model pembelajaran STAD, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: Ni Kadek Amiariasti
Date Deposited: 21 Feb 2024 09:46
Last Modified: 21 Feb 2024 09:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19206

Actions (login required)

View Item View Item