Pratiwi, Ni Wayan Cika (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041014-COVER.pdf Download (314kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041014-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (129kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041014-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan menghasilkan media pembelajaran Augmented Reality berbasis profil pelajar pancasila bagi siswa kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif tehadap minat belajar IPA di kelas IV sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, 2 orang guru SD Cerdas Mandiri dan siswa kelas IV di SD Cerdas Mandiri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non tes berupa pemberian kuesioner dengan instrumen penelitiannya berupa lembar kuesioner validitas atau kelayakan, lembar kuesioner kepraktisan dan kuesioner minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rancang bangun dari media pembelajaran Augmented Reality berbasis profil pelajar pancasila ini terdiri dari merancang aplikasi augmented reality dan merancang augmented reality book. Pada bagian aplikasi augmented terdapat cover, scanner, petunjuk, CP dan TP, Kuis, dan biodata penulis dan pembimbing. Pada Augmented Reality Book berisi cover, halaman depan, kata pengantar, petunjuk penggunaan buku, daftar isi, materi, petunjuk pelaksanaan dimensi profil pelajar pancasila, lembar kerja peserta didik dan biodata. Pada aplikasi AR dan AR Book ini terdapat kuis menjawab soal, LKPD yang digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi setelah menggunakan media dan juga projek yang dapat menarik perhatian siswa, membuat siswa merasa senang, membuat siswa tertarik pada materi yang diberikan dan juga membuat siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran, karena hal tersebut maka media ini dapat membuat minat belajar siswa meningkat. (2) Validitas atau kelayakan media pembelajaran Augmented Reality berbasis profil pelajar pancasila dari ahli materi pembelajaran sebesar 87 % dengan kualifikasi layak sedangkan dari ahli media pembelajaran sebesar 97 % dengan kualifikasi sangat layak, (3) Kepraktisan media pembelajaran Augmented Reality berbasis profil pelajar pancasila oleh guru diperoleh persentase rata-rata sebesar 95% dengan kualifikasi sangat praktis sedangkan kepraktisan oleh siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 92% dengan kualifikasi sangat praktis, (4) Efektivitas media pembelajaran Augmented Reality berbasis profil pelajar pancasila diperoleh nilai sig. < 0,05 yaitu sebesar 0,001 sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality berbasis profil pelajar pancasila efektif dalam meningkatkan minat belajar IPA siswa di kelas IV SD Cerdas Mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Profil Pelajar Pancasila, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Wayan Cika Pratiwi |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 23:40 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 23:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19227 |
Actions (login required)
View Item |