Antara, I Wayan Yudi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP ABILITAS AKADEMIK DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD KECAMATAN DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041030-COVER.pdf Download (595kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041030-ABSTRAK.pdf Download (58kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (184kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041030-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan yang signifikan abilitas akademik siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran numbered heads together dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, 2) mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran numbered heads together dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, dan 3) mengetahui perbedaan yang simultan abilitas akademik dan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran numbered heads together dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus IV Ra.Kartini Kecamatan Denpasar Barat yang berjumlah 234 siswa. Teknik pemilihan sampel adalah random sampling. Sampel penelitian ini untuk kelas eksperimen yaitu SD Negeri 27 Pemecutan berjumlah 29. Sedangkan untuk kelas kontrol SD Negeri 19 Pemecutan berjumlah 27. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only non equivalent control group design. Teknik pengambilan data mengunakan tes pilihan ganda untuk memperoleh hasil belajar siswa dan abilitas akademik. Data dianalisis dengan Anava dan menggunakan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan abilitas akademik siswa yang dibelajarkan model pembelajaran numbered heads together dengan siswa yang tidak dibelajarkan pada sig. 0,001. (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran numbered heads together terhadap hasil belajar pada sig. 0,001. (3) terdapat pengaruh secara simultan model numbered heads together terhadap abilitas akademik dan hasil belajar pada nilai sig. 0,001. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran numbered heads together berpengaruh positif terhadap abilitas akademik dan hasil belajar IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | NHT1, abilitas akademik2, hasil belajar3. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Wayan Yudi Antara |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 23:46 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 23:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19233 |
Actions (login required)
View Item |