Ayu Lola Monika, Ketut (2024) PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS IPAS TOPIK MARI BERKENALAN DENGAN BUMI KITA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041056-COVER.pdf Download (870kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041056-ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (175kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (858kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041056-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041056-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041056-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan media, mengetahui validitas media, mengetahui kepraktisan media, dan memaparkan efektivitas media Infografis IPAS Topik Mari Berkenalan dengan Bumi Kita untuk meningkatkan hasil belajar dan minat belajar. Jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Objek penelitian adalah media infografis, sementara subyeknya penelitian adalah siswa kelas VA dan VB SD N 4 Sangsit, dan empat orang guru. Metode pengumpulan data berupa kuesioner dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar kuesioner validitas media, materi, kepraktisan, minat belajar, dan tes pilihan ganda. Instrumen minat belajar diuji validitas dan reliabilitas dan instrumen hasil belajar diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran butir soal. Analisis data menggunakan persentase, uji anava satu jalur, dan multivarian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media infografis disajikan dalam bentuk cetak, (2) validitas media memperoleh hasil 97,69% sangat valid layak digunakan dan validitas materi 93,07% sangat valid, (2) kepraktisan memperoleh hasil 87% praktis dan menarik, dan (4) media infografis meningkatkan hasil belajar, minat, dan secara simultan meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V SD. Simpulan dari penelitian ini media infografis valid, praktis, meningkatkan hasil belajar dan minat belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | infografis, IPAS, hasil belajar, dan minat |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ketut Ayu Lola Monika |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 22:17 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 22:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19255 |
Actions (login required)
View Item |