HIMAWATI, LUH PUTU (2024) PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK BERGAMBAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DASAR MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
2229041061_COVER.pdf Download (814kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041061_ABSTRAK.pdf Download (418kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2229041061_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (580kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2229041061_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2229041061_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (875kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041061_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2229041061_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041061_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (550kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041061_LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
ABSTRAK Himawati, Luh Putu (2023), Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Membaca dan Menulis Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah disetujui dan diperiksa oleh Pembing I: Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd. dan Pembimbing II: Prof. Dr. Ida Bagus Putrayasa, M.Pd. Kata-kata kunci: buku cerita bergambar, kemampuan literasi Penelitian Pengembangan ini didasarkan pada kebutuhan buku cerita anak bergambar untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar membaca dan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, validitas, kepraktisan, dan efektivitas buku cerita anak bergambar berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar membaca dan menulis siswa kelas II sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE yang menggunakan lima tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Buku cerita anak bergambar yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh tim ahli dan praktisi atas kelayakan isi, kelayakan kebahasaan, kelayakan penyajian, dan kelayakan kegrafikan. Data yang dikumpulkan berupa validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Instrument penelitian yang digunakan yaitu: lembar validsi, angket, dan tes. Lembar validasi digunakan untuk mengumpulkan data validitas buku. Angket respon guru digunakan untuk mengetahui kepraktisan buku. Dan tes hasil belajar digunakan untuk mengukur efektivitas buku. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Berdasarkan pendapat ahli, buku cerita anak bergambar ini dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata sebesar 19,3. (2) Berdasarkan pendapat praktisi guru, buku cerita anak bergambar dinyatakan sangat praktis dengan skor rata-rata sebesar 24,5. (3) Efektivitas dihitung menggunakan uji-t dengan hasil terdapat peningkatan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku cerita bergambar, kemampuan literasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | LUH PUTU HIMAWATI |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 00:26 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 00:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19264 |
Actions (login required)
View Item |