PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM SETTING OUTDOOR STUDY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS VI KECAMATAN KEDIRI

SULASMINI, NI MADE (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM SETTING OUTDOOR STUDY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS VI KECAMATAN KEDIRI. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2229041013_COVER.pdf

Download (760kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041013_ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2229041013_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2229041013_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2229041013_BAB III METODELOGI PENELITIANpdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041013_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2229041013_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041013_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041013_LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Sulasmini, Ni Made (2023). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Setting Outdoor Study Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Kediri”. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksha oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si. dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Made Candiasa, M.I.Kom. Kata-kata Kunci: hasil belajar IPA, motivasi belajar, Problem Based Learning dalam setting outdoor study Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based learning dalam setting outdoor study terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Kediri yang terdiri dari 80 orang siswa. Sebanyak 65 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur motivasi belajar dan tes obyektif pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar IPA siswa. Analisis data menggunakan MANOVA berbantuan IBM SPSS Statistic 26.00 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar dan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan problem based learning dalam setting outdoor study dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan tidak dengan model pembelajaran PBL dalam setting outdoor study, baik secara simultan maupun secara terpisah. Motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran problem based learning dalam setting outdoor study lebih baik dari pada siswa yang tidak dibelajarkan model pembelajaran PBL dalam setting outdoor study. Jadi dapat disimpulkan model pembelajaran problem based learning dalam setting outdoor study berpengaruh pasti terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, motivasi belajar, Problem Based Learning dalam setting outdoor study
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Made Sulasmini
Date Deposited: 22 Feb 2024 00:33
Last Modified: 22 Feb 2024 00:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19270

Actions (login required)

View Item View Item