PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS VII KECAMATAN SUKAWATI TAHUN AJARAN 2023/2024

Mahayuniari, Ni Gusti Ayu (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS VII KECAMATAN SUKAWATI TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031117-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031117-ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031117-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (574kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031117-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031117-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031117-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031117-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031117-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031117-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pengetahuan IPAS kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SSCS berbantuan media Kartu Bergambar pada siswa kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Sukawati Tahun Ajaran 2023/2024, untuk mendeskripsikan kompetensi pengetahuan IPAS kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran SSCS berbantuan media Kartu Bergambar pada siswa kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Sukawati Tahun Ajaran 2023/2024, dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran SSCS berbantuan media Kartu Bergambar terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SD gugus VII Kecamatan Sukawati tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Sukawati sebanyak 212 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Singapadu sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Celuk sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial uji Anakova (analisis kovarian). Hasil analisis data diperoleh bahwa skor rata-rata post-test kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelompok eksperimen yaitu 82% berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata post-test kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelompok kontrol yaitu 62,1% berada pada kategori rendah. Hasil analisis uji Anakova diperoleh Fhitung = 20,064 dan Ftabel = 4,010 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 56. Hal ini menunjukkan bahwa Fhitung = 20,064 > Ftabel = 4,010 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share berbantuan Media Kartu Bergambar berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Sukawati tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Search, Solve, Create, and Share, Kartu Bergambar, Kompetensi Pengetahuan IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Gusti Ayu Mahayuniari
Date Deposited: 22 Feb 2024 04:31
Last Modified: 22 Feb 2024 04:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19297

Actions (login required)

View Item View Item