PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SEKOLAH DASAR

Ni, Kade Dwy Kurnia Yudantari (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041018-COVER.pdf

Download (227kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041018-ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (62kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041018-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan prototype media pembelajaran pop-up book, (2) mengetahui validitas media pembelajaran pop-up book, (3) mengetahui kepraktisan media pembelajaran pop-up book, dan (4) mengetahui efektivitas media pembelajaran pop-up book untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada topik perkembangbiakan pada tumbuhan kelas VI SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yaitu: analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner untuk data validitas ahli materi dan ahli media serta data kepraktisan guru dan peserta didik, sedangkan metode tes digunakan untuk data prestasi belajar. Validitas diukur menggunakan uji ahli yang meliputi ahli materi dan ahli media. Kepraktisan media dinilai oleh lima orang guru dan 10 orang peserta didik. Uji keefektifan dilakukan melalui uji gain ternormalisasi (N-Gain) prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rata-rata keseluruhan hasil uji validasi materi sebesar 4,66 termasuk dalam kriteri sangat valid; 2) rata-rata keseluruhan hasil uji validasi media sebesar 4,07 termasuk dalam kriteria valid; 3) rata-rata keseluruhan hasil uji kepraktisan guru sebesar 4,98 dan rata-rata keseluruhan hasil uji kepraktisan siswa sebesar 4,95; 4) uji efektifitas dari hasil hasil rata rata N-Gain prestasi belajar peserta didik sebesar 0,71 termasuk ke dalam kriteria efektif. Hal ini menunjukkan penerapan produk media pop-up book efektif untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada materi Perkembangbiakan Tumbuhan Kelas VI SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, media pop-up-book, validitas, kepraktisan, dan keefektifan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: NI KADE DWY KURNIA YUDANTARI
Date Deposited: 22 Feb 2024 04:02
Last Modified: 22 Feb 2024 04:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19301

Actions (login required)

View Item View Item