Wijaya, I Wayan Aditya Kurnia (2024) Pengembangan Media Video Pembelajaran PJOK Materi Kombinasi Pola Gerak Dasar Lokomotor untuk Peserta Didik Kelas I SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041048-COVER.pdf Download (790kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041048-ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (295kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (825kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041048-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041048-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041048-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media video pembelajaran PJOK yang memiliki karakteristik tertentu yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil bejalar peserta didik kelas I sekolah dasar. Jenis metode pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media ini menggunakan metode pengembangan ADDIE. Produk yang berhasil dikembangkan adalah media video pembelajaran PJOK materi “kombinasi pola gerak dasar lokomotor”. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner yang diberikan kepada 4 orang dosen sebagai ahli yang bertujuan untuk memperoleh data tingkat validitas, serta 4 orang guru PJOK yang bertujuan untuk memperoleh tingkat kepraktisan serta memberikan soal pretest dan posttest kepada peserta didik yang bertujuan untuk memperoleh data tingkat keefektifan. Berdasarkan beberapa uji yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa: 1) Berdasarkan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media masing masing diperoleh skor sebesar 1,00 yang termasuk dalam kriteria validitas isi sangat tinggi. Media video ini juga dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata persentase sebesar 93% dari 100% ; 2) Berdasarkan uji kepraktisan, rata-rata persentase uji kepraktisan sebesar 93% yang berada pada interval 80% < X ≤ 100% dan kriteria sangat praktis. Uji kepraktisan yang dilakukan dengan melibatkan 4 orang guru PJOK; 3) Hasil analisis efektivitas menggunakan uji T dengan aplikasi sps25.0 for windows memperoleh nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 dan Thitung 17.664 ≥ 2.021 yang merupakan nilai Ttabel pada signifikansi 5% untuk uji satu arah. Dengan demikian maka penggunaan media video pembelajaran PJOK materi kombinasi pola gerak dasar lokomotor efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media video pembelajaran, PJOK, dan Gerak dasar lokomotor |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Wayan Aditya Kurnia Wijaya |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 23:39 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 23:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19303 |
Actions (login required)
View Item |