Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik SMP

Aprila, Ana (2024) Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
2229111002-COVER.pdf

Download (670kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229111002-ABSTRAK.pdf

Download (418kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229111002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229111002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229111002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229111002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229111002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229111002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229111002-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Profil pelajar pancasila merupakan tujuan utama dalam pengembangan karakter sementara hal yang dapat diamati di lapangan untuk dapat mengamati karakter profil pelajar pancasila masih terbatas. Guna dapat melakukan penilaian karakter profil pelajar pancasila guru BK dan guru mata pelajaran memerlukan instrument penilaian karakter profil pelajar pancasila. Penelitian dengan judul “Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik SMP” ini dengan tujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun instrument pengukuran karakter profil pelajar pancasila peserta didik, (2) untuk menganalisis dan mendeskripsikan validitas isi instrument pengukuran karakter profil pelajar pancasila, (3) untuk menganalisis dan mendeskripsikan validitas konstruk instrumen pengukuran karakter profil pelajar pancasila peserta didik, (4) untuk mendeskripsikan reliabilitas instrument pengukuran karakter profil pelajar pancasila peserta didik. Penelitian dan Pengembangan (R&D) ini dengan desain penelitian 10 langkah penelitian pengembangan instrumen Dantes. Judge dalam penelitian ini adalah 5 dosen BK Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha dan 2 guru BK senior. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah 300 peserta didik pada 9 Sekolah Menengah Pertama di Wilayah kecamatan Talibura Kabupaten Sikka Propinsi Nusa Tenggara Timur. Berdasarkan validitas judge diketahui bahwa instrument pengukuran karakter pancasila yang dikembangkan memiliki indeks validitas isi (CVI) = 0,95 yang berarti istimewa. Berdasarkan validitas konstruk, Rotated Componen Matrix ada 24 indikator memiliki nilai faktor loading > 0,30 dan membentuk dalam 1 faktor, yang konsisten membentuk faktor sehingga layak digunakan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rangsangan peneliti lain untuk meneliti lebih jauh dan menjadi bentuk dokumen pendidikan yang relevan sebagai acuan materi dan strategi layanan konseling yang inovatif dalam membantu perkembangan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Instrumen, Karakter, Profil, Pelajar, Pancasila
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2)
Depositing User: Ana Aprila
Date Deposited: 22 Feb 2024 05:54
Last Modified: 22 Feb 2024 05:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19307

Available Versions of this Item

  • Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik SMP. (deposited 22 Feb 2024 05:54) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item