PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PENGGUNAAN TANDA BACA MATERI PENYUSUNAN KALIMAT MAJEMUK SETARA UNTUK SISWA KELAS IV SD NOMOR 4 DARMASABA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Dewi, Kadek Lina Sulistyana (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PENGGUNAAN TANDA BACA MATERI PENYUSUNAN KALIMAT MAJEMUK SETARA UNTUK SISWA KELAS IV SD NOMOR 4 DARMASABA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031050-COVER.pdf

Download (528kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031050-ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2011031050-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031050-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031050-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031050-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun multimedia interaktif pada penggunaan tanda baca materi penyusunan kalimat majemik setara, (2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif pada pada penggunaan tanda baca materi penyusunan kalimat majemik setara, (3) mengetahui efektivitas multimedia interaktif pada penggunaan tanda baca materi penyusunan kalimat majemik setara. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, kualitatif dan statistika inferensial. Penelitian ini melibatkan 27 orang siswa kelas IV SD Nomor 4 Darmasaba. Hasil penelitian adalah (a) hasil validasi rancang bangun sebesar 100%, (b) validasi desain instruksional sebesar 100%, (c) validasi media pembelajaran sebesar 95%, (d) validasi isi/materi pelajaran sebesar 95%, (e) validasi uji coba perorangan sebesar 92%, dan (f) validasi uji coba kelompok kecil sebesar 96%. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh hasil thitung sebesar 14.425 dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (dk) = (n1 – 1) + (n2 – 1) = (27 – 1) + (27 – 1) = 52 adalah sebesar 2.007. Maka, hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (14.423 > 2.007) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan, multimedia interaktif pada penggunaan tanda baca materi penyusunan kalimat majemuk setara efektif diterapkan untuk siswa kelas IV SD Nomor 4 Darmasaba tahun pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Tanda Baca, Kalimat Majemuk Setara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Lina Sulistyana Dewi
Date Deposited: 22 Feb 2024 04:35
Last Modified: 22 Feb 2024 04:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19314

Actions (login required)

View Item View Item