Bodkova Koli, Radka (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041023-COVER.pdf Download (342kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041023-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (230kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041023-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu: penggunaan media berbasis teknologi masih kurang, pembelajaran yang berpusat pada guru, rasa percaya diri kurang, siswa pasif dalam pembelajaran sehingga hasil belajarnya rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk berupa multimedia pada materi mengubah bentuk energi. Jenis penelitian ini adalah Research and Deevelopment (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan multimedia yang dikembangkan siswa dapat menemukan sendiri dari melakukan percobaan, sehingga pembelajaraan menjadi bermakna dan berpusat pada siswa. Materi pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga multimedia lebih menarik dan menciptakan pengalaman belajar secara langsung kepada siswa. Multimedia pada materi mengubah bentuk energi telah diujicobakan untuk mengetahui validitas materi, validitas desain, kelayakan, kepraktisan dan keefektifan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui kepraktisan multimedia dan tes pilihan ganda untuk keefektivan multimedia dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil uji coba menujukan bahwa multimedia tergolong valid dari segi isi. Untuk uji kelayakan materi diperoleh skor 87,5% berkualifikasi baik dan kelayakan media diperoleh skor 84,5% tergolong sangat baik. Selanjutnya kepraktisan dari sisi guru diperoleh skor 4,70 tergolong sangat praktis, sedangkan kepraktisan dari sisi siswa diperoleh skor 4,80 tergolong sangat praktis. Akhirnya, dari segi efektivitas diperoleh persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa multimedia ini layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | RADKA BODKOVA KOLI |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 08:00 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 08:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19336 |
Actions (login required)
View Item |