PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV

Bodkova Koli, Radka (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041023-COVER.pdf

Download (342kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041023-ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041023-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu: penggunaan media berbasis teknologi masih kurang, pembelajaran yang berpusat pada guru, rasa percaya diri kurang, siswa pasif dalam pembelajaran sehingga hasil belajarnya rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk berupa multimedia pada materi mengubah bentuk energi. Jenis penelitian ini adalah Research and Deevelopment (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan multimedia yang dikembangkan siswa dapat menemukan sendiri dari melakukan percobaan, sehingga pembelajaraan menjadi bermakna dan berpusat pada siswa. Materi pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga multimedia lebih menarik dan menciptakan pengalaman belajar secara langsung kepada siswa. Multimedia pada materi mengubah bentuk energi telah diujicobakan untuk mengetahui validitas materi, validitas desain, kelayakan, kepraktisan dan keefektifan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui kepraktisan multimedia dan tes pilihan ganda untuk keefektivan multimedia dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil uji coba menujukan bahwa multimedia tergolong valid dari segi isi. Untuk uji kelayakan materi diperoleh skor 87,5% berkualifikasi baik dan kelayakan media diperoleh skor 84,5% tergolong sangat baik. Selanjutnya kepraktisan dari sisi guru diperoleh skor 4,70 tergolong sangat praktis, sedangkan kepraktisan dari sisi siswa diperoleh skor 4,80 tergolong sangat praktis. Akhirnya, dari segi efektivitas diperoleh persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa multimedia ini layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: RADKA BODKOVA KOLI
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:00
Last Modified: 22 Feb 2024 08:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19336

Actions (login required)

View Item View Item