Suryana, I Kade Pande (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS VI SD GUGUS VI KECAMATAN MELAYA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041033-COVER.pdf Download (910kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041033-ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041033-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA dan sikap ilmiah siswa antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw berbantuan media visual dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Gugus VI Kecamatan Melaya Tahun Pelajaran 2023/2024 sebanyak 147 siswa. Sampel sebanyak 93 orang siswa diperoleh dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode test dan non test. Metode test menggunakan instrumen tes hasil belajar IPA dalam bentuk pilihan ganda dan metode non test menggunakan instrument kuesioner sikap ilmiah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA dan sikap ilmiah siswa secara simultan antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw berbantuan media visual dengan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (F = 31,424; p < 0,05); (2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara yang dibelajarkan dengan model pembelajara kooperatif Jigsaw berbantuan media visual dengan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (F = 55,652; p < 0,05); (3) Terdapat perbedaan sikap ilmiah siswa antara yang dibelajarkan dengan model pembelajara kooperatif Jigsaw berbantuan media visual dengan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (F = 6,629; p < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kooperatif Jigsaw, hasil belajar IPA, sikap ilmiah, media visual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Kade Pande Suryana |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 07:38 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 07:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19355 |
Actions (login required)
View Item |