PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA III BENDA DISEKITARKU PADA SISWA KELAS III DI SDN INPRES 2 TOLOWATA

Wardatunnissa, Yeni (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA III BENDA DISEKITARKU PADA SISWA KELAS III DI SDN INPRES 2 TOLOWATA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041002-COVER.pdf

Download (403kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041002-ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041002-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041002-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video anmasi pada materi benda disekitarku di kelas III sekolah dasar. Secara khusus tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui karakteristik media pembelajaran video animasi yang layak, praktis, efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III Sekolah Dasar materi benda di sekitarku. (2) untuk mengetahui lintasan belajar media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar pada materi benda disekitarku. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Adapun karakteristik video animasi berdasarkan ADDIE adalah memiliki studi kasus kontekstual dan menarik, berfokus pada proses hasil belajar, memiliki aktivitas penyelidikan dan analisis dalam berbagai kegiatan dan menekanan proses refleksi dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran video anmasi yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III sekolah dasar. Berdasarkan rata-rata hasil penilaian ahli isi memperoleh hasil sebesar 87,73% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan rata-rata hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh hasil sebesar 92,28% dengan kualifikasi sangat baik. Kemudian hasil rata-rata uji kepraktisan oleh guru memperoleh hasil sebesar 92,73% dengan kualifikasi sangat baik dan dari siswa sebesar 94,28% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan uji coba pada siswa, media pembelajaran video animasi dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan perolehan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05 sehingga video animasi yang dikembangkan dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDN INPRES 2 TOLOWATA. Adapun lintasan belajar dari penlitian ini yaitu gambaran umum penggunaaan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran yang tujuannya meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, video animasi, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Yeni Wardatunnissa
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:57
Last Modified: 22 Feb 2024 07:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19357

Actions (login required)

View Item View Item