Ferdiansyah, Ferdiansyah (2024) PROSES PEMBELAJARAN SENI PATUNG PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 2 ARJASA MELALUI METODE DEMONSTRASI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712031039-COVER.pdf Download (417kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712031039-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712031039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (117kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712031039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712031039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712031039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712031039-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712031039-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712031039-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran seni patung siswa di kelas IX SMP Negeri 2 Arjasa dengan menggunakan Metode Demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Pada tahap proses tindakan kelas siklus pertama yaitu berupa kegiatan menentukan langkah-langkah yang akan dilakukan peneliti untuk memecahkan masalah yang dihadapi, sekaligus kelanjutan dari hasil pretes atau hasil tindakan pra siklus yang telah dilakukan melalui metode demonstrasi. Hasil yang diperoleh tugas siklus 1 dan siklus 2 yang dilakukan menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Pada saat pre test nilai rata-rata 67,6 setelah mendapat perlakuan pada siklus 1 hasil belajar peserta didik meningkat dengan nilai rata-rata, 74,5 dengan presentase ketuntasan 72% dan meningkat lagi secara baik pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 81,8 dengan presentase ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dalam penggunaan media pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan metode demonstrasi pada mata pelajaran SBK seni patung peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Arjasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Seni Patung, SMP Negeri 2 Arjasa, Metode Demonstrasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NB Sculpture |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Seni dan Desain > Program Studi Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | FERDIANSYAH |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 01:00 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 01:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19370 |
Actions (login required)
View Item |