Febriyanti, Ni Kadek Ina (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MATA PELAJARAN IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA HAYATINYA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 UBUNG DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031054-COVER.pdf Download (842kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031054-ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (175kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031054-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031054-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031054-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan rancang bangun media video pembelajaran berbasis proyek mata pelajaran IPAS, (2) mengetahui kelayakan media video pembelajaran berbasis proyek mata pelajaran IPAS, dan (3) mengetahui efektivitas media video pembelajaran berbasis proyek mata pelajaran IPAS. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) hasil uji rancang bangun memperoleh skor 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, (2) kelayakan media video pembelajaran berbasis proyek berdasarkan hasil uji materi pembelajaran memperoleh skor 100%, hasil uji desain pembelajaran memperoleh skor 95,83%, hasil uji media pembelajaran memperoleh skor 96,67%, uji perorangan memperoleh skor 95,83%, dan uji kelompok kecil memperoleh skor 92,13% dengan keseluruhan persentase skor berada pada kualifikasi sangat baik, serta (3) hasil uji efektivitas produk memperoleh t-hitung = 34,514 > t-tabel = 1,711 pada taraf signifikansi 5% untuk db = 24 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran berbasis proyek. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media video pembelajaran berbasis proyek layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran materi Indonesiaku kaya hayatinya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas V SD Negeri 3 Ubung Denpasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, Video Pembelajaran, Proyek, IPAS, Keanekaragaman Hayati |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Ina Febriyanti |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 07:56 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 07:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19424 |
Actions (login required)
View Item |